Itkontama Travel

Tangerang, itkontamatravel.id – Bulan yang penuh berkah telah tiba, meski di tengah pandemi kita harus tetap menjaga Semangat Ramadan dan menatap ‘hari kemenangan’ di penghujung puasa nanti.

Meski di rumah saja, kita harus siap untuk menyambut lebaran Idul Fitri. Sebetulnya, ada banyak hal yang dapat kita lakukan agar di hari suci ini semuanya bisa berjalan dengan lancar, hangat dan berkualitas bersama keluarga inti.

Berikut ini tips persiapan hari raya Idul Fitri yang bisa kamu lakukan agar Lebaran semakin bermakna!

1. Membersihkan Rumah

Jika kamu berencana untuk memiliki tamu yang datang ke rumahmu, pastikan kamu sudah membersihkan kediamanmu agar mereka merasa kamu telah melakukan persiapan lebaran dengan baik dan mereka merasa nyaman berlama-lama di dalamnya.

Jangan sampai niat baik para tamu yang berkunjung menjadi kurang berkesan jika rumahmu berantakan dan kotor, terutama ruang tamu dan ruang keluarga.

2. Mengecat Rumah Bersama

Tradisi mengecat rumah merupakan tradisi menjelang Lebaran yang telah berlangsung turun temurun. Rumah yang kelihatan rapi akan mencerminkan kepribadian orang tinggal di dalamnya.

Selain untuk menghasilkan suasana yang baru, kamu juga bisa ada bonding time bersama keluarga.

3. Furniture Baru untuk Lengkapi Suasana

Untuk melengkapi suasana lebaran di rumah, kamu bisa mengandalkan furniturebaru seperti sofa, meja tamu hingga bufet TV yang bisa menambah keindahan dan kenyamanan di rumah.

4. Menghias Kamar Tidur

Agar suasana lebaran Idul Fitri makin kental, cobalah untuk menghias kamar tidur. Kamu bisa melakukannya dengan menambah beberapa dekorasi yang menonjolkan suasana lebaran, seperti kaligrafi, lukisan hingga lampu-lampu dalam kamar.

5. Jaga Quality Time

Persiapan menyambut Lebaran berikutnya adalah dengan merencanakan beberapa aktivitas yang bisa dilakukan bersama keluarga, agar quality time di hari yang suci ini tetap terjaga. Seperti mengobrol di meja makan saat makan bersama.

6. Belanja Bahan Makanan

Tentunya jika akan ada tamu ke rumahmu, kamu pasti akan menyiapkan makanan untuk mereka kan, Maka dari itu belanja bahan makanan untuk memasak merupakan persiapan lebaran yang penting.

7. Tak Lengkap tanpa Kue dan THR

Hari Lebaran merupakan hari-hari makin eratnya hubungan antar keluarga.

Salah satu tradisi yang selalu dilakukan ketika Lebaran adalah memberi uang tunjangan hari raya (THR) kepada saudara-saudaramu yang lebih muda, terutama jika sudah bekerja.

Maka dari itu hitung jumlah uang THR yang harus kamu persiapkan, dan sesuaikan dengan budget-mu sendiri tentunya.

Selain uang THR, tentunya kue-kue merupakan salah satu pelengkap di hari Lebaran, terutama jika kamu akan memiliki banyak tamu.

Bermacam-macam kue kering seperti nastar, kue putri salju, kue kacang, hingga kastengel merupakan camilan yang wajib ada di rumahmu.

8. Tetap Rapi dengan Baju Lebaran dan Pakaian Couple Keluarga

Kadang, pada hari-hari menjelang Lebaran, banyak toko-toko baju yang mengadakan diskon bahkan besar-besaran. Salah satu persiapan lebaran yang perlu kamu lakukan adalah belanja baju baru jika kamu belum memilikinya!

Tapi, jika kamu malas pergi jauh-jauh ke toko, kamu bisa membeli baju lebaran secara online tanpa harus repot.

Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan pakaian keluarga couple. Jadi, satu keluarga memakai tipe baju dan motif yang sama.

Itulah beberapa persiapan yang baik untuk kamu lakukan sebelum Lebaran tiba. Dengan persiapan di atas, lebaran pun tetap memiliki makna yang mendalam dan terjaga esensinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *