Itkontama Travel

Tangerang,itkontamatravel.id- Iman memegang peranan penting dalam kehidupan. Orang yang tidak beriman hidupnya akan tidak terarah dan dihanyutkan oleh hawa nafsu tanpa ada tujuan yang hakiki.
Iman diturunkanlah oleh Allah SWT sebagai aturan yang menjaga keutuhan manusia dan keberadaannya di muka bumi. Dengan aturan yang diberikan oleh Allah itu manusia mengetahui bahwa kehidupan itu mempunyai tujuan.
Iman dapat diartikan sebagai tindakan membenarkan (tashdiqun) yaitu lawan dari mendustakan (takdzibun). Iman berarti membenarkan dengan hati, diucapkan dengan lisan dan dilakukan dengan perbuatan ternyata memiliki peran penting dalam kehidupan.
Lantas, apa pentingnya iman dalam hidup seorang muslim? Berikut kedudukan seorang mu’min di sisi Allah
1.Iman Sebagai Dasar Diterimanya Amal
Disebutkan dalam Al-Qur’an, Iman merupakan dasar sebuah amalan diterima. Allah berfirman:
“Maka barang siapa yang mengerjakan amal saleh, sedang ia beriman, Maka tidak ada pengingkaran terhadap amalannya itu dan Sesungguhnya Kami menuliskan amalannya itu untuknya” ( Q.S Al-Anbiyaa’: 94)
2.Iman Sebagai Penyejuk Jiwa
Orang beriman tidak akan merasa gundah gulana seperti stres, takut, pesimis dan merasa cemas. Setiap kali perasaan cemas, stres, takut dan pesimis itu datang, iman akan mengembalikannya ke daerah netral. Manusia beriman selalu dilindungi oleh Allah dalam segala gerak-geriknya.
Iman merupakan perlindungan dan pertolongan Allah, maka tidak perlu cemas, takut, pesimis dan stres. Kalau ada kejadian menimpa hidup orang beriman yang tidak sesuai dengan kehendak dan keinginannya itu dikembalikan kepada Allah karena-Nya selalu memberikan jalan yang terbaik
3.Iman Sebagai Sebab Turunnya Hidayah
Allah memerintahkan manusia untuk beriman karena iman adalah sebab turunnya hidayah dan jalan kebahagiaan dunia akhirat. Orang mu’min akan dilapangkan hatinya oleh Allah untuk mendapat petunjuk menuju kebaikan-kebaikan lainnya.
4.Iman Mempunyai Kedudukan yang Tinggi
Allah menyebutkan dalam Al-Quran lebih dari 840 kali baik berupa perintah, ajakan, pujian tehadap orang beriman. Allah juga menjelaskan ‘konsekuensi’ keimanan serta kedudukan yang tinggi bagi orang beriman.
5.Iman Sebagai Pedoman Hidup
Iman membangkitkan kesadaran bagi pemeluknya ketika hendak mau melakukan maksiat atau durhaka kepada Allah. Allah berfirman:
“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari syaitan, mereka ingat kepada Allah, Maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya.” (Q.S. Al-A’raaf: 201)
Iman dapat membuahkan akhlak yang mulia, menjaga kita dari kemaksiatan, dan mengangkat derajat kita di hadapan Sang Pencipta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *