Itkontama Travel

Tangerang, itkontamatravel.id – Idul Adha merupakan hari raya besar umat Islam selain Idul Fitri. Momen ini sangat penting bagi umat Islam.

Hari Raya Idul Adha merupakan momen di mana para Jemaah haji sedang menjalankan wukuf di padang Arafah. Umat Islam yang tidak berhaji melaksanakan kurban dengan suka cita di kampung halaman.

Sebagai ibadah yang hanya datang sekali dalam satu tahun, tentu banyak keutamaan dan amalan sunnah yang bisa dikerjakan oleh umat Islam. Salah satunya adalah puasa sebelum Idul Adha dan mandi sunnah sebelum sholat ‘Ied.

Mandi Sunnah Idul Adha

Terdapat beberapa amalan sunnah menjelang sholat Idul Adha. Salah satu di antaranya adalah mandi Idul Adha. Niat mandi Idul Adha penting diketahui oleh umat Islam agar bisa menyempurnakan ibadah sholat Ied.

Mandi Idul Adha boleh dilaksanakan mulai pertengahan malam dan sebelum waktu subuh saat tanggal 10 Dzulhijjah. Akan tetapi waktu yang paling utama untuk melaksanakannya adalah sesudah sholat subuh sebelum berangkat ke masjid untuk menunaikan sholat ‘Ied.

Mandi Idul Adha bertujuan membersihkan anggota badan dari bau yang tidak sedap serta membuat badan menjadi segar Inilah mengapa  waktu mandi paling baik adalah sebelum berangkat ke masjid. Jika mandi dilakukan pada pertengahan malam, kemungkinan bau badan akan kembali lagi dan kebugarannya pun sudah hilang.

يُسَنُّ الْغ ُسْلُ لِلْعِ يدَيْنِ، وَي َجُوزُ بَعْد َ الْفَجْرِ قَطْعًا، وَك َذَا قَبْلَه ُ، ويختص بال نصف الثاني م ن الليل  

Artinya: ” Disunnahkan mandi untuk shalat Id, untuk waktunya boleh setelah masuk waktu subuh atau sebelum subuh, atau pertengahan malam.”

Mandi Idul Adha ini disunahkan bagi semua umat Muslim baik laki-laki maupun perempuan, baik yang akan pergi sholat Ied di masjid maupun bagi perempuan yang sedang udzur syar’i karena haid atau nifas.

Niat Mandi Idul Adha

Setelah mengetahui kesunahan mandi Idul Adha, selanjutnya Sahabat Dream juga perlu mengetahui bacaan niat mandi Idul Adha. Berikut bacaan niatnya yang perlu kamu ketahui dan amalkan saat melaksanakan mandi sunnah tersebut:

نَوَيْتُ الْ غُسْلَ لِيَو ْمِ عِيْدِ ا لْاَضْحَى ِ سُنَّةً ِلله ِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liyaumi ‘iidil Adha sumbatan Lillahi Ta’aalaa.

Artinya: “Saya niat mandi pada hari Raya Idul Adha sunnah karena Allah Ta’ala.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *