Itkontama Travel

itkotamatravel.id – Diantara kalian ada yang tau apa itu Hari Tasyrik? Hari Tasyrik itu adalah hari dimana dilarang puasa saat itu. Kapan sih Hari Tasyrik itu? Menurut kalender islam hari tasyrik terjadi selama tiga hari dalam bulan Dzulhijjah yakni tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah.

Hari Tasyrik merupakan rangkaian dari hari raya Idul Adha yang merupakan hari raya umat islam serta hari untuk makan dan minum serta mengingat Allah SWT.

Idul Adha memiliki sebutan lain yaitu hari nahar, yang berarti hari untuk menyembelih. Pada saat Idul Adha ini umat islam melakukan penyembelihan hewan kurban sebagai bentuk melaksanakan syariat islam.

“Dari Jubair bin Math’am dari Nabi saw. beliau bersabda:”semua hari Tasyriq adalah waktu penyembelihan (hewan qurban)”. ( HR. Ahmad)

Hari tasyrik adalah hari umat Islam merayakan kemenangan dengan makan dan minum, tapi tetap mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah.

Maka dalam hal ini, pada saat hari Tasyrik tidak boleh berpuasa karena hari yang harus dirayakan dan tetap mengingat Allah SWT, diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a

“Bahwasanya Rasulullah saw. mengutus Abdullah Bin Hudzafah berkeliling Mina untuk menyampaikan: Janganlah kamu berpuasa pada hari ini, karena ia merupakan hari makan minum dan mengingat Allah Azza wa Jalla.” (HR. Ahmad)

Dengan demikian, seseorang yang biasa melakukan puasa sunnah Senin Kamis atau puasa Daud, dilarang berpuasa ketika bertepatan pada hari tersebut.

Setelah tanggal 13 Dzulhijjah, baru dapat melanjutkan kebiasannya untuk berpuasa sunnah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *