Itkontama Travel

tangerang,tkontamatravel.id-Memahami malaikat adalah makhluk ciptaan Allah SWT tanpa jenis kelamin. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan malaikat adalah makhluk Allah SWT yang taat, selalu zikir kepada-Nya, diciptakan dari cahaya, dan mempunyai tugas khusus dari Allah SWT.
Enam sifat-sifat malaikat yang dimaksudkan adalah tentang ketaatan dan kedisiplinan, mampu mengendalikan diri dari perilaku negatif, memiliki rasa tanggung jawab, menyucikan pujian kepada Allah SWT, selalu mengajak kepada kebajikan, serta selalu berzikir dan mengagungkan Allah SWT.

Sifat-Sifat Malaikat dan Penjelasannya

  1. Ketaatan dan kedisiplinan

Ketaatan dan kedisiplinan adalah sifat-sifat malaikat yang wajib dijadikan panutan atau teladan umat manusia.Hal ini diungkap dalam dalam QS. Al-A’raaf ayat 11, berbunyi:

“Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada para malaikat: Bersujudlah kamu kepada Adam; maka mereka pun bersujud kecuali iblis. Dia tidak termasuk mereka yang bersujud.”

  1. Pengendalian Diri dari Perilaku Negatif

Mampu mengendalikan diri dari perilaku negatif adalah sifat-sifat malaikat yang wajib dijadikan panutan atau teladan umat manusia.Kisah mengenai sifat-sifat malaikat seperti pengendalian diri ini diungkap dalam QS. Huud ayat 73.

“Para malaikat itu berkata: “Apakah kamu merasa heran tentang ketetapan Allah? (Itu adalah) rahmat Allah dan keberkatan-Nya, dicurahkan atas kamu, hai ahlulbait! Sesungguhnya Allah Maha Terpuji lagi Maha Pemurah.”

  1. Rasa Tanggung Jawab

Rasa tanggung jawab adalah sifat-sifat malaikat yang wajib dijadikan panutan atau teladan umat manusia.“Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan yang bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *