Itkontama Travel

Tangerang, itkontamatravel.id – Malam takbiran merupakan malam yang identik dengan keceriaan dan kesemarakan menjelang datangnya kemenangan bagi umat muslim di hari raya Idul Fitri.

Malam Takbiran dan Amalan yang Paling Utama untuk Dilakukan

Pada malam takbiran, umat muslim dianjurkan untuk mengisinya dengan berbagai ibadah yang sudah dibangun sepanjang bulan Ramadhan dan senantiasa bertawakal kepada Allah SWT (Bekal Ramadhan dan Idul Fitri,Muhammad Saiyid Mahadhir: 2019)).

Berikut ini adalah anjuran untuk melaksanakan amalan di malam takbiran yang bisa kita lakukan di rumah, antara lain:

1. Mengumandangkan kalimat Takbir

“Allahu Akbaru Allahu Akbar, La ilaha illallahu wallahu Akbar, Allahu akbaru wa lillahil-hamd.” yang artinya adalah “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tiada tuhan kecuali Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji milik Allah.”

Merupakan kalimat takbir yang biasa dikumandangkan pada saat malam takbiran dengan berkeliling atau di masjid, kita bisa mengucapkannya di rumah demi mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

2. Itikaf

Menurut pandangan ulama, di kondisi pandemi seperti saat ini, Itikaf juga bisa dilakukan di rumah di mana kita biasa melaksanakan sholat.

3. Berdzikir

Dzikir untuk mengingat Allah di malam takbiran adalah salah satu cara untuk senantiasa memohon ampunan akan dosa-dosa yang kita miliki.

Pada dasarnya, semua amalan ibadah di malam takbiran sifatnya adalah dianjurkan, sesuai hadist berikut ini:

من قام ليلتي العيد محتسباً لله تعالى لم يمت قلبه يوم تموت القلوب

“Barangsiapa yang beribadah pada Idul Fitri dan Idul Adha semata-mata mengharap ridha Allah, maka hatinya itu tak akan mati di mana hati-hati orang lain mati.” (HR Ibnu Majah).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *