Itkontama Travel

Tangerang, itkontamatravel.id – Air zamzam dianggap sebagai air suci bagi umat Muslim. Zam zam sendiri merupakan sumur atau mata air yang terletak di Kawasan Masjidil Haram, di sebelah tenggara Kakbah dengan kedalaman 42 meter.

Asal Usul Air Zam Zam

Siti Hajar dan anaknya ditinggalkan di tengah gurun pasir oleh Nabi Ibrahim karena Sarah. Istri pertama Nabi Ibrahim itu tidak bisa menyembunyikan rasa cemburunya.

Oleh karena itu, Sarah meminta kepada Nabi Ibrahim untuk mengungsikan Hajar dan Ismail ke tempat yang jauh. Siti Hajar dan Ismail meninggalkan rumah dengan hanya berbekal buah kurma dan sekantong air.

Ketika bekal makanan dan minuman keduanya telah habis, Siti Hajar kebingungan karena air susunya pun tidak mau keluar. Ismail yang meronta kehausan membuat Siti Hajar sedih.

Bayi Ismail bahkan menghentak-hentakkan tumitnya ke tanah dan menjerit dengan keras. Kemudian ia memutuskan untuk pergi mencari air karena tidak sanggup lagi mendengar tangisan anaknya.

Siti Hajar berlari ke Bukit Shafa, bukit terdekat dari tempatnya bermukim. Namun setelah sampai di bukit itu, ia tidak melihat seorang pun dan memutuskan untuk turun dan berlari menuju bukit yang lebih tinggi, yakni Bukit Marwah. Di bukit tersebut ia juga tidak menemukan seorang pun.

Tak putus asa, Siti Hajar terus bolak balik dari bukit Shafa dan Marwa sampai tujuh kali. Allah kemudian memberi keajaiban dan mengirimkan malaikat Jibril untuknya. Ketika berada di puncak Marwa, Siti Hajar mendengar suara Malaikat Jibril.

Ia mencari suara tersebut, dan menemukan Malaikat Jibril tengah berdiri di sebuah tempat dan menggali tanah dengan sayapnya. Dari galian tersebut, menyemburlah air yang begitu deras. Tak menyia-nyiakan kesempatan itu, Siti Hajar segera mengisi kantongnya dengan air tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *