Itkontama Travel

Tangerang, itkontamatravel.id – Meskipun bersifat sunnah atau tidak wajib, puasa sunnah Idul Adha sangat istimewa dan punya beberapa keutamanya. Berikut ulasannya.

1. Amal Shalih yang Dicintai Allah

Berpuasa pada bulan Dzulhijjah merupakan salah satu ibadah yang dicintai oleh Allah SWT. Bahkan Rasulullah SAW mengatakan:

“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.”

2. Dihapuskan Dosanya Satu Tahun yang Lalu

Umat Muslim yang melakukan puasa pada 9 Dzulhijjah atau sehari sebelum Idul Adha, atau puasa Arafah, maka akan dihapuskan dosanya setahun sebelumnya.

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa ‘Arofah? Beliau menjawab, ”Puasa ‘Arofah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu”.

3. Mendapat Pahala Langsung dari Allah SWT

Karena ibadah puasa termasuk ibadah satu-satunya yang diperuntukkan untuk Allah SWT, ibadah ini akan mendapatkan ganjaran langsung dari Allah.

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *