Itkontama Travel

Tangerang, itkontamatravel.id – umrah juga memiliki keutamaan-keutamaan tersendiri. Berikut adalah keutamaan ibadah umrah yang perlu Anda ketahui.

1) Penghapus Dosa

Dalam sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa ibadah umrah sampai dengan umrah selanjutnya sebagai kafarat dosa di antara keduanya serta haji mabrur tidak ada balasannya selain surga. Berdasarkan hadits riwayat tersebut bahwa Allah akan menghapus dosa-dosa-dosa yang lalu di antara umrah satu dengan umrah berikutnya.

2) Perantara Berjihad

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Jihadnya orang-orang yang sudah tua, anak-anak, orang-orang lemah, dan juga wanita adalah haji dan umrah.” (HR An-Nasaiy). Demikian dijelaskan dalam hadits riwayat tersebut bahwa salah satu cara yang dapat dilakukan wanita, orang tua, dan juga anak-anak untuk berjihad di jalan Allah SWT adalah dengan menunaikan ibadah umrah.

3) Doanya Dikabulkan

Seperti halnya yang tertulis dalam HR An Nasaiy dan Ibnu Majah, “Jamaah haji dan juga umrah adalah delegasi dari Allah. Apabila mereka berdoa, maka Allah akan mengabulkannya. Dan apabila mereka minta ampun, Allah akan memberikan ampun-Nya.”

4) Wafat Ketika Menjalankan Ibadah Umrah Dicatat Pahalanya Hingga Hari Kiamat

keutamaan ini diberikan oleh Allah kepada jamaah yang meninggal dalam ibadah umrah. Apabila jamaah wafat ketika melaksanakan perjalanan umrah dalam keadaan ihram, maka pahalanya akan dicatat sampai hari akhir.

5) Dijanjikan Surga

Hal tersebut diriwayatkan dalam hadits riwayat Bukhari sebagai berikut.

“Bahwa orang-orang yang melaksanakan umrah akan diberi keistimewaan dengan ganjaran surga.”.

6) Menghilangkan Kefakiran

 Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits riwayat tarmidzi.

“Sering-seringlah melakukan haji dan umrah. Sesungguhnya kedua ibadah tersebut dapat menghilangkan kefakiran atau kemiskinan dan juga dosa-dosa. Sebagaimana seorang pandai besi menghilangkan karat besi, emas, dan juga perak.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *