Itkontama Travel

tangerang,tkontamatravel.id-RAMADHAN merupakan suatu momen super khusus disediakan Allah Swt kepada kaum muslimin. Dikatakan demikian karena bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan yang tidak dimiliki bulan lainnya. Allah Swt menyediakan berbagai keutamaan ini kepada orang-orang yang memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan. Inilah rahmat dan nikmat Allah swt yang diberikan kepada hamba-hamba-Nya yang memanfaatkan momen ini dengan memperbanyak ibadah. Makalah syukur kepada Allah dengan dipertemukan dengan bulan Ramadhan ini.

Ada banyak keutamaan yang hanya ada pada bulan Suci Ramadhan. Oleh karena itu ibadah di bulan Ramadhan harus lebih ditingkatkan lagi.

Keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan begitu banyak. Jika kita bertemu dengan Ramadhan beruntungnya kita, karena di bulan itu segala amalan akan dilipatkan ganjarannya.

Menurut beberapa keterangan, ada banyak keutamaan bulan Ramadhan. Keutamaan tersebut sudah dijelaskan dalam beberapa hadis.
Ramadhan yang merupakan bulan penuh keberkahan ini tentunya menjadi salah satu bulan yang ditungggu-tunggu umat Islam. Apalagi terdapat banyak keutamaannya.

Berikut ini 10 keutamaan bulan Ramadhan berdasarkan hadits-hadits shahih:

1.Bulan yang penuh barakah

Ini keutamaan Ramadhan yang pertama. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mensabdakan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh barakah.

اءَكُمْ انَ ارَكٌ

“Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah…” (HR. Ahmad)

2.Wajibkan puasa

Salah satu keutamaan Ramadhan, di bulan-bulan ini umat Islam membuat semangat. Sehingga Ramadhan juga disebut sebagai syahrush shiyam.

اءَكُمْ ا ارَكٌ افْتَرَضَ اللَّهُ لَيْكُمْ امَهُn

“Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, wajibkan kalian ibadah puasa…” (HR. Ahmad)
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman

3.Pintu surga dibuka

Pada bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, lanjutan hadits di atas:

اءَكُمْ انَ ارَكٌ افْتَرَضَ اللَّهُ لَيْكُمْ امَهُ ابُ الْجَنَّةِ

“Telah datang kepada kalian yang penuh berkah, wajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga…” (HR. Ahmad)

4.Pintu neraka ditutup

Di samping pintu-pintu surga dibuka, pada bulan Ramadhan, pintu-pintu neraka ditutup.

اءَكُمْ انَ ارَكٌ افْتَرَضَ اللَّهُ لَيْكُمْ امَهُ ابُ الْجَنَّةِ

“Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, wajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan tutuplah pintu-pintu neraka…” (HR. Ahmad)

5.Syetan dibelenggu

Di antara keutamaan Ramadhan, syetan-syetan dibelenggu pada bulan ini sebagaimana Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:

ا اءَ انُ ابُ الْجَنَّةِ لِّقَتْ ابُ النَّارِ الشَّيَاطِينُ

”Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR.Bukhari dan Muslim)
Juga lanjutan riwayat riwayat Imam Ahmad

6.Lailatul Qadar

Keutamaan Ramadhan yang tidak kalah luar biasa adalah lailatul qadar. Yakni malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.

7.Penghapus dosa

Ibadah dan amal-amal shalih yang dilakukan di bulan Ramadhan merupakan penghapus dosa dari Ramadhan sebelumnya hingga Ramadhan saat ini. Ini salah satu keutamaan Ramadhan, sebagaimana sabda Rasulullah:

الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ الْجُمُعَةُ لَى الْجُمُعَةِ انُ لَى انَ اتٌ ا ا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ

“Sholat lima waktu, antara shalat Jum’at ke Shalat Jum’at dan Ramadhan ke Ramadhan penghapus dosa di antara kesuanya, jika dijauhi dosa-dosa besar” (HR. Muslim)

8.Penghapus dosa yang telah lalu

Bukan hanya penghapus dosa antara Ramadhan satu ke Ramadhan berikutnya, bahkan salah satu keutamaan Ramadhan adalah menghapus dosa-dosa yang telah lalu. mengharap perhitungan pahala dari Allah semata.

امَ انَ انًا احْتِسَابًا لَهُ ا

“Barangsiapa yang percaya karena iman dan mengharap perhitungan (pahala) akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (Muttafaq ‘Alaih)

9.Waktu dikabulkannya doa

Berbeda dengan bulan lainnya, pada bulan Ramadhan banyak waktu mustajabah untuk berdoa. Di antaranya adalah waktu menjelang berbuka. Bahkan sepanjang waktu puasa mulai terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari adalah waktu yang mustajabah untuk berdoa. Berdoa di waktu puasa Ramadhan ini lebih dikabulkan Allah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لاَثَةٌ لاَ الصَّائِمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ الْمَظْلُومِ

“Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berdoa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizholimi” (HR. Tirmidzi; HR. Hasan)

10.Pembebasan dari neraka

Salah satu keutamaan Ramadhan adalah setiap harinya Allah hambaNya dari neraka. Sebagaimana Sabda

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

لِلّهِ لِّ اءَ النَّارِ انَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ لِمٍ ا لَهُ

”Sesungguhnya Allah beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.” (HR. Al Bazaar dengan para perawi yang tsiqah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *