Itkontama Travel

Tangerang, itkontamatravel.id – Kenapa Bulan ini disebut bulan haram??

Bulan Dzulqadah termasuk ke dalam salah satu dari empat bulan istimewa. Bulan yang diagungkan oleh Allah SWT ini merupakan salah satu bulan-bulan yang dimuliakan (Asyharul Hurum) atau dikenal sebagai bulan haram. 

Dalam At Taubah ayat 36, Allah SWT berfirman mengenai bulan haram yang artinya:

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat Bulan Haram. Itulah agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya, sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”

Ulama menafsirkan bulan Dzulqadah atau Dzulqaidah sama halnya dengan istirahat dari berperang sebagai wujud berhenti menganiaya diri sendiri.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa alasan kenapa Dzulqadah disebut bulan haram karena dalam bulan ini Allah SWT memerintah untuk menjauhi perbuatan maksiat. Alangkah mulianya umat muslim selalu mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan amal shaleh seperti sholat, zikir, puasa, berlaku baik, hingga ibadah umrah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *