Idul Adha 1443 Hijriah / 2022 Masehi

Tangerang, itkontamatravel.id – Kami @itkontamatravel.id, mengucapkan

✨Selamat Hari Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah/2022 Masehi✨

Ketika disebutkan Hari Idul Adha yang terbesit dalam pikiran kita adalah kisah Nabi Ibrahim AS yang diperintahkan Allah SWT untuk menyembelih putranya, yaitu Nabi Ismail AS

Idul Adha dinamai “Idul Nahr” artinya hari raya penyembelihan.

Nabi Ibrahim AS pernah ditanya oleh seseorang “milik siapa ternak sebanyak ini?”

Maka dijawabnya: “Kepunyaan Allah, tapi kini masih milikku. Sewaktu-waktu bila Allah menghendaki, aku serahkan semuanya. Jangankan cuma ternak, bila Allah meminta anak kesayanganku Ismail, niscaya akan aku serahkan juga.”

Lalu Nabi Ibrahim AS diberikan ujian oleh Allah SWT, agar mengorbankan putranya Nabi Ismail AS yang kala itu masih berusia 7 tahun.

Peristiwa tersebut ada dalam Qur’an Surah As – Saffat ayat 102:

Ibrahim berkata : “Hai anakkku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu “maka fikirkanlah apa pendapatmu? Ismail menjawab: Wahai bapakku kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu. InsyaAllah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.” (QS Aa-saffat: 102).

Nabi Ibrahim memantapkan niatnya. Nabi Ismail pasrah, seperti ayahnya yang telah tawakkal. Sedetik setelah pisau nyaris digerakkan, tiba-tiba posisi Nabi Ismail tersebut diganti dengan domba yang diturunkan dari langit oleh Allah.

Dan itu ada dalam Qur’an Surah As Saffat ayat 107 – 110:

“Dan kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.” (107)

“Kami abadikan untuk Ibrahim (pujian yang baik) dikalangan orang orang yang datang kemudian.” (108)

“Yaitu kesejahteraan semoga dilimpahkan kepada Nabi Ibrahim.” (109)

“Demikianlah kami memberi balasan kepada orang orang yang bertaubat baik.” (110)

Hikmahnya adalah, bahwa hakikat manusua adalah sama yang membedakan hanyalah taqwanya. Dan bagi yang menunaikan ibadah haji, pada waktu wukuf di Arafah memberi gambaran bahwa kelak manusia akan dikumpulkan di padang mahsyar untuk dimintai pertanggungjawaban.

🕋 Informasi Program Umroh Musim 1444 H/2022M 🕋

👇🏻👇🏻
https://itkontamatravel.id