Itkontama Travel

Tangerang, itkontamatravel.id- Hukum melaksanakan tadarrus Al qur’an pada bulan ramadhan adalah sunnah. Hukum melakukan tadarrusl Ayat Al qur’an adalah sunnah, kapan pun itu dilaksanakan.

Apalagi pelaksanaannya dilakukan di bulan ramadhan. Karena bulan ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat dan amalan ibdah kita Allag lipat gandakan. Berikut beberapa amalan ibadah yang dapat kita lakukan pada bulan ramadhan.

HUKUM TADARUS AL-QUR’AN.

Tidak heran pada bulan ini semua umat Islam berlomba-lomba mencari kebaikan, termasuk tadarus (membaca) Alquran. Semua itu dilakukan dengan satu harapan: berkah Ramadlan yang telah dijanjikan Allah SWT. Syaikh Nawawi Al-Bantani menjawab, termasuk membaca Al-Quran adalah mudarasah, yang sering disebut dengan idarah.

Jika dirasa perlu menggunakan pengeras suara agar menambah syiar Islam, maka hendaklah diupayakan sesuai dengan keperluan dan jangan sampai menganggu pada lingkungannya. “Maka bagaimanakah (halnya orang kafir nanti), apabila Kami mendatangkan seseorang saksi (rasul) dari tiap-tiap umat dan Kami mendatangkan kamu (Muhamad) sebagai saksi atas mereka itu (sebagai umatmu).” (QS An-Nisa: 41) Belaiu berkata, “Cukup sampai di sini.” Lalu aku menoleh kepadanya, aku dapati kedua matanya bercucuran air mata.” (HR.

melaksanakan Tadarus di rumah hukumnya?​

Melaksanakan TADARUS di rumah hukumnya adalah SUNNAH. TADARUS menurut kebiasaannya adalah kegiatan membaca dan mempelajari Al-Quran secara bersama-sama atau bermajelis khususnya bulan ramadhan.

Umumnya dilakukan di masjid sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba. Namun hal ini adalah berdasarkan pada kebiasaan saja sehingga kegiatan tadarus pun bisa dilaksankan di RUMAH bersama saudara, ayah atau ibu.

Sebutan tadarus ini artinya adalah saling mempelajari sehingga memang istilah ini khusus menunjuk pada kegiatan membaca dan mempelajari Al-Quran bersama-sama. Tadarus mengakar pada kata dalam bahasa arab yakni DARASA yang artian harfiahnya adalah belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *