Itkontama Travel

Tangerang,itkontamatravel.id- – Haji merupakan rukun islam yang ke-5. Ibadah ini wajib ditunaikan bagi umat Islam setidaknya sekali seumur hidup. Apa dalilnya?
Ibadah haji tidak bisa dikerjakan di sembarang waktu. Dalam setahun, ibadah haji hanya dikerjakan sekali saja tepatnya pada tanggal 9 Dzulhijjah. Pada tahun ini, pemerintah Indonesia kembali membatalkan pemberangkatan jamaah haji ke tanah Saudi Arabia.
Sesuai kesepakatan para ulama, menunaikan ibadah haji hukumnya wajib. Kewajiban haji telah dituangkan dalam Al Quran dan hadits. Adapun orang yang wajib menunaikan haji, harus memenuhi syarat wajib haji terlebih dahulu.
Syarat wajib haji:
Dikutip dari buku Fikih Tsanawiyah oleh Zainal Muttaqin, MA dan Drs. Amir Abyan, MA, berikut syarat wajib haji yang harus dipenuhi calon jamaah haji:
1.Islam
2.Baligh
3.Berakal
4.Merdeka
5.Mampu (Istitha’ah)
Berikut dalil wajib haji menurut Al Quran dan hadits:
1.QS. Ali Imran ayat 97
Artinya: “…mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.” (QS. Ali Imran: 97).
2.QS. Al Baqarah ayat 196
Artinya:”Dan sempurnakanlah ibadah haji dan ‘umrah karena Allah.” (QS. Al Baqarah: 196).
3.QS. Al Hajj ayat 27
Artinya: “Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh,” (QS. Al Hajj: 27).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *