Itkontama Travel

tangerang,tkontamatravel.id-Selain berpahala, sedekah juga dapat bermanfaat sebagai penolak bala dan menahan musibah dan kejahatan bagi seseorang yang sering mengamalkannya. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda: “Bersegeralah untuk bersedekah, karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.”

Jenis-jenis sedekah tersebut antara lain:

  1. Materi
    Memberi uang, makanan, minuman, atau takjil berbuka puasa kepada orang-orang yang berpuasa, merupakan contoh sedekah materi yang berarti memberikan sesuatu yang memiliki wujud kepada orang lain.

Sedekah ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang memberi makan berbuka puasa orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang itu tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sama sekali,” (HR At-Tirmidzi).

  1. Sedekah Jariyah
    Jenis yang terakhir adalah sedekah jariyah.

Keutamaan sedekah ini adalah, pahalnya terus mengalir meskipun orang yang bersedekah telah meninggal, karena barang yang disedekahkan masih dimanfaatkan.

3.. Non-Materi
Jika tidak mampu dalam bentuk materi, Moms tetap bisa bersedekah sesuai dengan anjuran dalam Alquran dan hadis.

Sedekah non-materi sangatlah mudah, bisa berupa:

Tenaga
Pikiran
Nasihat
Sekadar senyum tulus kepada sesama

Manfaat Sedekah

1.Dapat Menghapus Dosa
Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api,” (HR Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614).

2.Mendapatkan Syafaat
Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda:
“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya,” (HR Bukhari).

3.Memberi Keberkahan pada Harta
Rasulullah SAW bersabda:
“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya,” (HR Muslim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *