Itkontama Travel

Tangerang, itkontamatravel.id- Menjelang Hari Raya Idul Adha 2022, umat Islam dianjurkan melaksanakan ibadah puasa sunnah yakni puasa Arafah dan Tarwiyah.
Puasa Tarwiyah dan Arafah sangat dianjurkan untuk turut merasakan nikmat yang sedang dirasakan oleh para jamaah haji yang sedang menjalankan ibadah di Tanah Suci.
A. Apa itu puasa Tarwiyah?
Puasa Tarwiyah merupakan puasa sunah yang dikerjakan pada tanggal 8 Dzulhijah atau pada tanggal 8 Juli 2022.
Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada hari Tarwiyah (8 Dzulhijjah). Ini didasarkan pada satu redaksi hadits yang artinya bahwa puasa pada hari Tarwiyah menghapuskan dosa satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun, seperti dikutip dari laman NU.
Bacaan niat puasa Tarwiyah:
Nawaitu shauma ghadin ‘an adā’i sunnati yaumit tarwiyah lillâhi ta‘ālā.
Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Tarwiyah esok hari karena Allah SWT”.
B. Apa itu puasa arafa
Berbeda dengan puasa Tarwiyah, puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah atau pada 9 Juli 2022.
Mengutip laman Majelis Ulama Indonesia (MUI), hukum puasa Arafah adalah sunnah muakkad yang artinya tak wajib dikerjakan namun sangat dianjurkan. Biasanya puasa ini diawali dengan puasa Tarwiyah.
Berpuasa di bulan Dzulhijjah ini memiliki sejumlah keutamaan. Salah satunya seperti disebutkan dalam hadits riwayat Muslim bahwa puasa Arafah akan menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:
Puasa Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas.” (HR Muslim).
Niat puasa Arafah:
Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i arafata sunnatan lillâhi ta’âlâ.
Artinya: Saya niat puasa sunnah Arafah hari ini karena Allah ta’ala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *