Itkontama Travel

Tangerang,itkontamatravel.id-Kufur penting dipahami arti dan maknanya sebab istilah tersebut cukup sering muncul di Al-Quran. Dengan mengetahui makna dan artinya, maka seseorang bisa mengenali apakah dirinya juga merupakan orang yang kufur atau tidak, ini tentu juga akan menjauhkan seseorang dari perbuatan tersebut.
Kufur dalam banyak pengertian sering diantagoniskan atau sebagai keadaan yang berlawanan dengan iman. Orang yang melakukan kekufuran disebut dengan kafir. Ulama tafsir dan fikih berbeda pendapat dalam merumuskan pengertian kafir.
A. Memahami Arti Kufur dan Kafir
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kufur adalah tidak percaya kepada Allah dan Rasul-Nya. Kufur juga berarti ingkar, tidak pandai bersyukuratas nikmat yang dilimpahkan Allah.
Secara bahasa kata kufur berasal dari kata kafara yakfuru kufran wa kufuran wa kufranan. berarti menutupi sesuatu, menyembunyikan kebaikan yang telah diterima atau tidak berterima kasih.
Sedangkan menurut syara’ kufur adalah tidak beriman kepada Allah dan Rasulnya, baik dengan mendustakannya atau tidak mendustakannya. Maksud dari mendustakan berarti menentang atau menolak sedangkan tidak mendustakan artinya hanya sekadar tidak iman dan tidak percaya. Sedangkan orang yang kufur disebut kafir.
Kafir adalah orang yang menutup hatinya dari hidayah Allah SWT.
B. Kufur Besar dan Kufur Kecil
Kufur juga dibedakan menjadi kufur besar dan kufur kecil, berikut ini penjelasannya.

1.Kufur Besar
Kufur besar adalah perbuatan yang disengaja tanpa ada paksaan dari orang lain yang dapat membatalkan keimanan, mengeluarkan pelakunya dari Islam, dan membuatnya kekal di Neraka.

2.Kufur Kecil
Kufur kecil adalah perbuatan dosa yang tidak melampaui batas kehilangan iman, tetapi dapat mengurangi kesempurnaannya. Menurut syariat, orang yang menyandang kufur jenis ini dinilai tercela. Mereka layak mendapatkan siksaan di neraka, meskipun tidak kekal di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *