Itkontama Travel

Tangerang, itkontamatravel.id –

Bulan Muharram ini termasuk dalam bulan Haram atau mulia yang memiliki sebutan khusus dalam Al-Quran sebagai Al Fajr atau fajarnya tahun. Allah SWT berfirman dalam surat Al Fajr ayat 1 – 2:

Artinya: “Demi waktu fajar, demi malam yang sepuluh,”

Ibnu Allan dalam kitab Syarhul Adzkar menjelaskan, orang-orang pada masa Jahiliyah dulu pun mengagungkan bulan Muharram. Tidak sedikit pula kabilah Arab memuliakan Muharram pada tahun tertentu dan menyebutnya dengan nama Safar Awal.

Namun, penamaan tersebut kemudian diganti Allah SWT dengan sebutan Syahrullah. Hal ini pula yang menjadi keistimewaan Muharram dengan bulan lainnya.

“Setelah Islam datang, Imam As-Suyuthi mengatakan, Allah SWT menggantinya dengan sebutan Syahrullah. Nama tersebut merupakan nama Islam, sedangkan bulan lain bukan. Sesungguhnya nama bulan selainnya masih tetap seperti pada zaman Jahiliyah,” kata Ibnu Allan yang diterjemahkan Kasimun dalam Buku Induk Doa dan Zikir.

Syahrullah sendiri artinya bulan Allah yang sunyi. Sebab itulah, masyarakat Arab pada zaman dahulu dilarang berperang karena sucinya bulan tersebut seperti dikutip dari buku Kalender Ibadah Sepanjang Tahun oleh Ustadz Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *