Itkontama Travel

Tangerang, itkontamatravel.id- Shalat witir merupakan shalat sunah witir yang termasuk ke dalam jenis shalat sunah Mu’akkad, artinya salah sunah ini merupakan salat yang sangat dianjurkan. Seperti apa niat shalat witir dan tata cara shalat witir?
Dijelaskan dalam media islam.nu.or.id, berdasarkan ulama mayoritas penganut mazhab syafi’i, hukum shalat witir adalah sunnah, tidak sampai berhukum wajib, namun jika dilaksanakan, pelaksananya akan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan tidak berkonsekuensi dosa. Maka, jika Anda berminat untuk melaksanakan shalat witir, diharapkan dapat membaca niat dan tata cara shalat witir dengan benar. Lantas, seperti apa niat shalat witir dan tata cara shalat witir?
Berikut bacaan niat dan tata cara shalat witir.
A. Niat sholat witir
Adapun niat shalat witir adalah sebagai berikut:
Ushallî sunnatan minal witri rak’atan lillahi ta’âlâ
Artinya, “Aku niat shalat sunnah witir satu rakaat karena Allah ta’ala.”
B. Tata cara shalat witir
Adapun mengenai tata cara shalat witir adalah sebagai berikut:
1.Dimulai dengan takbiratul ikhram, diakhiri dengan salam
2.Setelah takbirtul ikhram, membaca al-fatihah,
3.melakukan ruku’, i’tidal, sujud, dan seterusnya sampai diakhiri dengan salam
4.Praktek pelaksanaan shalat witir dapat dilaksanakan dengan dua cara apabila jumlah rakaat, lebih dari dua seperti berikut:
A. Boleh menggabungkan rakaat terakhir dengan rakaat sebelumnya, misal shalat witir dilaksanakan sebanyak sebelas rakat dengan satu kali takbiratul ikhram dan satu salam
B. Memisah rakaat sebelumnya dengan rakaat setelahnya, misal shalat witir dilaksanakan sebanyak 10 rakat dengan satu salam kemudian ditambah dengan satu rakaat satu salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *