Itkontama Travel

Tangerang, itkontamatravel.id – Hari Jumat adalah hari yang penuh dengan keberkahan. Berikut amalan sunnah pada hari jumat:

1. Mandi di Hari Jumat

Barangsiapa dari laki-laki dan perempuan yang menghendaki Jumat, maka mandilah. Barangsiapa yang tidak berniat menghadiri Jumat, maka tidak ada anjuran mandi baginya”. (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban).

2. Membersihkan Badan

Di hari Jumat ini kita dianjurkan untuk menggunting kumis, memotong kuku, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, bersiwak dan menghilangkan bau badan.

3. Menyegerakan Diri ke Masjid

Barangsiapa yang mandi seperti mandi junub pada hari Jumat, kemudian pada waktu pertama ia berangkat Jumat, maka seakan ia berkurban unta badanah. Dan barangsiapa berangkat Jumat pada waktu kedua, seakan berkurban sapi. Dan barangsiapa berangkat Jumat pada waktu ketiga, seakan berkurban kambing yang bertanduk.

4. Tenang Mendengarkan Khutbah

Diceritakan oleh Ibnu Abbas RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa berbicara pada hari Jumat, sedangkan imam sedang berkhutbah, maka dia bagaikan Keledai yang sedang membawa kitab (orang yang bodoh). Sedangkan orang yang menyuruh diam kepada orang yang berbicara, ia tidak mendapatkan keutamaan Jumat seutuhnya”. (HR. Ahmad, Al Bazzar, dan At Tabrani).

5. Memperbanyak Shalawat

Sesungguhnya paling utamanya hari kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari itu, karena sesungguhnya shalawat kalian di perlihatkan kepadaku.

Para sahabat bertanya, bagaimana mungkin shalawat kami dapat tersampaikan kepadamu, sedangkan engkau sudah wafat?. Rasul menjawab: sesungguhnya Allah SWT, mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi”. (HR. Abu Daud).

Masih banyak lagi amalan sunnah yang bisa kita lakukan di hari jum’at, yuk kita mulai melakukan kebaikan pada hari yang baik juga, semangatt!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *