Itkontama Travel

Tangerang, itkontamatravel.id – Bulan Dzulhijjah adalah bulan yang sering disebut dengan bulan haji.

Kenapa disebut dengan bulan haji? karna pada zaman jahiliyah orang arab melakukan ibadah haji pada Bulan Dzulhijjah.

Di Bulan Dzulhijjah ini juga bertepatan pada hari raya umat islam, yaitu Idul Adha. Ternyata ada amalan yang bisa kita kerjakan pada 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah lohh, apa saja sihh?? yuk simak bareng bareng

Amalan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah:

1. Puasa Arafah

Puasa ini dilaksanakan pada 09 Dzulhijjah tahun hijriyah. Puasa ini sangat dianjurkan bagi umat muslim yang sedang tidak melaksanakan ibadah haji di Makkah.

Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

2. Takbir dan Dzikir

Pada Bulan Dzulhijjah ini kita harus memperbanyak Dzikir termasuk bertahlil, bertasbih, beristigfar, bertahmid, bertakbir dan memperbanyak doa merupakan suatu amalan yang dianjurkan pada bulan ini. Jangan hanya bulan Dzulhijjah saja, tapi di hari biasa kita harus senantiasa berdzikir dan selalu mengingat Allah SWT.

Ibnu ‘Abbas berkata, “Berdzikirlah kalian pada Allah di hari-hari yang ditentukan yaitu 10  hari pertama Dzulhijah dan juga pada hari-hari tasyriq.” Ibnu ‘Umar dan Abu Hurairah pernah keluar ke pasar pada sepuluh hari pertama Dzulhijah, lalu mereka bertakbir, lantas manusia pun ikut bertakbir. Muhammad bin Ali pun bertakbir setelah shalat sunnah”

3. Menunaikan Ibadah Haji dan Umroh

Bulan Dzulhijjah ini sering disebut sebagai bulan haji, jadi tidak jarang jika orang banyak melakukan ibadah haji dibulan Dzulhijjah.

“(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barang siapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.” (QS. Al Baqarah [2]; ayat: 196-197)

4. Berqurban

Bulan Dzulhijjah itu bertepatan pada hari raya Idul Adha, dimana umat muslim merayakannya dengan menyembelih hewan qurban. karena pada tanggal 10 Dzulhijjah tersebut, umat Islam berlomba-lomba menyisihkan sebagian hartanya untuk membeli kambing, lembu atau unta untuk disembelih setelah shalat hari raya Idul Adha dilaksanakan dan tiga hari setelahnya atau yang kita kenal dengan hari tasyrik.

5. Bertaubat (Tidak Bermaksiat)

Di bulan Dzulhijjah ini kita harus perbanyak amalan, apalagi ada puasa sunnah yang sangat istimewa dibulan ini, mari kita perbanyak amal dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *