Itkontama Travel

Tangerang, itkontamatravel.id – Minum adalah salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap orang bukan? lalu apa saja sih adab ketika kita minum

Berikut ini 7 adab ketika minum air yang disunahkan Nabi Muhammad SAW:

1. Niat

Menurut bahasa, niat diartikan dengan “sengaja”, atau sesuatu yang disengaja. Niat memiliki 3 aspek; diyakini dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan dilakukan dengan amal perbuatan.

Berniat merupakan rangkaian yang terkadang tidak terucap tapi ada dalam hati. Karena jika sesuatu telah terbesit dalam hati, maka itulah seringan-ringannya niat.

Seperti layaknya minum air, jika telah terbesit dalam hati akan niat, maka air minum itu dapat menjadi obat.

2. Membaca Doa

Secara bahasa, doa memiliki arti “menyeru”. Sedangkan secara istilah, doa adalah permohonan secara lisan kepada Allah sebagai pemilik alam semesta.

Quraish Shihab mengatakan bahwa doa ialah permohonan seorang hamba kepada Tuhan agar memperoleh anugerah pemeliharaan dan pertolongan. Baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain yang sedang didoakannya. Doa tersebut harus lahir dari lubuk hati terdalam disertai dengan mengagungkan-Nya.

Oleh karena itu, demi tercapainya kebaikan terhadap tubuh atas apa yang dikonsumsi, maka libatkanlah Allah Swt di dalamnya dengan mengucap doa. Sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ yang berbunyi:

يَا غُلَامُ سَمِّ اللَّهَ وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ

Artinya: “Wahai anakku, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah makanan yang berada di dekatmu.”

3. Minum Satu Tegukan dalam 3 Kali Bernafas

Minumlah air dalam satu tegukan sambil mengambil tiga kali bernafas. Nabi Muhammad SAW melarang meminum air dalam satu teguk sambil bernafas satu kali.

“Jangan minum air hanya dalam satu nafas, tetapi minum dalam dua atau tiga nafas,” (HR Bukhori).

Studi ilmiah menunjukkan bahwa ada banyak efek berbahaya saat minum air dalam satu tegukan. Dampaknya dapat menyebabkan tersedak, melemahkan otot, saraf dan adanya gangguan pada hati dan perut, lapor Scientific American.

4. Duduk

Selain menggunakan tangan kanan, adab yang baik ketika minum air dalam Islam adalah sambil duduk. Dalam sebuah hadits Muslim, Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan, “Duduk dan minum,”.

“Janganlah salah satu dari kalian minum sambil berdiri, dan jika ada yang lupa dia harus muntah,”.

Minum sambil berdiri dapat membahayakan dan hal itu sudah dibuktikan secara ilmiah. Sebuah penelitian membuktikan bahwa minum air sambil berdiri atau berjalan dapat menyebabkan kerusakan saluran Saluran Gastrointestinal.

Bukan hanya itu, tetapi juga menyebabkan kerusakan ginjal, radang sendi, ketegangan saraf dan gangguan lainnya.

5. Mengucapkan Alhamdulillah

Setelah memulai dengan ucapan Bismillah, maka Islam juga mengajarkan mengakhiri dengan ucapan Alhamdulillah. Rasulullah SAW berkata, “Bacalah ‘bismillah’ sebelum minum dan ucapkan ‘alhamdulillah’ setelah minum,”.

Hal ini dilakukan untuk memuji Allah SWT karena telah memberkati kita dengan air, tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa tetapi merupakan minuman terpenting di seluruh bumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *