Itkontama Travel

Tangerang itkontamatravel.id – Bulan Dzulqa’dah pada tahun ini jatuh pada tanggal Rabu 1 Juni 2022.

Dzulqa’dah merupakan bulan ke-11 yang dimuliakan Allah (Asyhurul Hurum) bersama Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Disebut Dzulqa’dah karena orang-orang Arab pada masa lalu tidak melakukan perang (qu’uud ‘anil qitaal) di bulan ini.

Lalu apa saja peristiwa penting yang jarang diketahui oleh orang?

1. Imam Ibnu Khuzaimah Meninggal Dunia

Pada tanggal 2 Dzulqa’dah 311 H (924 M), Imam Ibnu Khuzaimah, ulama penyusun kitab Hadis Shahih Ibn Khuzaimah wafat di usianya yang ke 89 tahun.

2. Rasulullah Melaksanakan Haji Wada’

Pada tanggal 6 Dzulqa’dah Tahun ke-10 Hijriyah, Rasulullah SAW berangkat dari Madinah menuju Mekkah untuk melaksanakan Haji Wada’ (Haji perpisahan). Ada yang menyebut tanggal 10 Dzulqa’dah Tahun 10 Hijriyah. Di Padang Arafah Nabi berkhutbah di depan umat Islam yang dikenal dengan Khutbah Wada’.

3. Wafatnya Imam Abu Bakr Al-Baqillani

Peristiwa penting lainnya adalah wafatnya seorang ulama ahli kalam yang sangat masyhur, Imam Abu Bakr al-Baqillani. Beliau wafat pada Sabtu, 7 Dzulqa’dah Tahun 403 H.

4. Terjadi Perang Bani Quraizhah Perang Bani Quraizhah

ini terjadi pada akhir Dzulqa’dah dan awal Dzulhijjah Tahun ke-5 Hijriyah. Allah memerintahkan Rasulullah memerangi Bani Quraizhah, salah satu suku kabilah Yahudi di Madinah. Perang ini dipicu karena pengkhianatan kaum Yahudi terhadap kesepakatan bersama.

5. Perjanjian Hudaibiyah Pada bulan Dzulqa’dah

ini tepat pada Tahun 6 Hijriyah terjadi perjanjian Hudaibiyah. Perjanjian ini merupakan perjanjian gencatan sejata antara kaum muslimin dengan kaum kafir Quraisy. Ini merupakan strategi dan upaya Rasulullah SAW meredakan ketegangan antara kaum muslimin Islam dengan kaum musyrik Quraisy.

6. Umrah Qadha (Umrah Pengganti)

Pada bulan Dzulqa’dah Tahun 7 Hijriyah, Rasulullah SAW dan sahabat melaksanakan Umrah Qadha’ yang sempat dicegah tahun lalu oleh kaum kafir Quraisy. Umrah ini merupakan pengganti umrah tahun lalu, karena itu disebut Umratul Qadha atau umrah penganti.

7. Rasulullah SAW Menikahi Sayyidah Maimunah binti Al-Harits

Peristiwa penting di bulan Dzulqa’dah adalah pernikahan Rasulullah SAW dengan Sayyidah Maimunah binti Al-Harits. Rasulullah menikahi Sayyidah Maimunah pada bulan Dzulqa’dah Tahun 7 Hijriyah saat umrah qadha’ setelah habis masa iddahnya. Maimunah yang berstatus janda berusia 26 tahun menikah dengan Baginda Rasulullah. Sayyidah Maimunah termasuk istri Nabi yang paling banyak meriwayatkan hadis, selain Sayyidah Aisyah dan Sayyidah Ummu Salamah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *