Itkontama Travel

Tangerang, itkontamatravel.id – Sebagai kaumuslimin, hikmah ibadah kurban sangat terasa, baik bagi para pekurban maupun penerima manfaat. Terdapat banyak sekali pelajaran yang bisa kita petik dari ibadah kurban di Hari Raya Iduladha ini. Bukan sekadar menjalani ibadah kepada Allah SWT dan berbagi kepada sesama manusia, tapi juga merajut komunikasi dan silaturahmi di antara kita.

Hikmah Ibadah Kurban

Ibadah kurban sangat serat akan nilai-nilai sosial dan agama. Berikut 5 hikmah ibadah kurban yang perlu kamu ketahui:

1. Dicintai Allah SWT

Kurban mengingatkan kita akan pentingnya bersyukur dari segala macam rezeki dan kecukupan yang telah didapat selama ini. Jika sudah mampu secara finansial, hendaknya kita jalankan ibadah ini karena Allah SWT mencintai hamba-hambaNya yang berbuat demikian. Sebagaimana Ibnu Majah meriwayatkan sabda Rasulullah SAW tentang ibadah saat Iduladha yang dicintaiNya.

2. Mengenang Kasih Sayang Nabi Ibrahim AS Kepada Putranya

Ibadah kurban berangkat dari pengalaman Nabi Ibrahim AS yang mendapat perintah dari Allah SWT untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail AS. Dengan ketaatannya kepadaNya dan kasih sayangnya kepada Nabi Ismail AS, Nabi Ibrahim AS menaatinya. Namun saat hendak melakukan penyembelihan, Nabi Ismail AS diganti dengan kambing gibas.

Sosok Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS menjadi tauladan mulia bagi seluruh umat Islam di dunia tentang bagaimana ibadah kurban ini menggambarkan keimanan dan ladang kebaikan untuk manusia.

3. Ganjaran Pahala Dari Setiap Helai Bulu Hewan Kurban

Ganjaran tersebut termaktub dalam Hadist Riwayat Ahmad dan Ibnu Majah ketika seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW tentang keutamaan berkurban. Kemudian beliau menjawab bahwa dari setiap helai bulu hewan kurban terdapat satu kebaikan. Berdasarkan hadist ini, bisa dibayangkan betapa besarnya pahala yang akan kita dapat setelah menunaikan ibadah ini.

4. Ganjaran Pahala Dari Syiar Islam

Dengan berkurban, secara tidak langsung kita turut menyebarkan syiar Islam. Melalui Surah Al-Hajj ayat 22, Allah SWT telah memerintahkan hambaNya untuk senantiasa menyebarkan dan menyerukan syariat Islam kepada hewan banyak. Salah satunya adalah ibadah kurban bagi yang mampu.

5. Membahagiakan Penerima Manfaat

Kurban tak bisa lepas dari kata berbagi kepada sesama. Dengan berkurban, kita bisa membahagiakan para penerima manfaat. Allah SWT juga menjanjikan rezeki dan pahala berlipat ganda bagi hambaNya yang membahagiakan penerima manfaat kurban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *