Itkontama Travel

Ada banyak hal baik yang bisa dilakukan selama Ramadhan guna meningkatkan keimanan.
Selama Ramadan, setiap amal ibadah yang dilaksanakan selama Ramadan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Karenanya, umat Muslim disarankan memperbanyak amal ibadah dan kebaikan di bulan suci ini.Apa saja hal baik yang bisa dilakukan sepanjang Ramadhan? Berikut empat diantaranya.

Membaca Al-Quran

Selama Ramadan kita mungkin bisa memanfaatkan waktu untuk membaca Al-Quran lebih dari biasanya. Hal itu akan menjadi fokus ibadah dan upaya kita untuk merefleksikan diri. Bagilah menjadi beberapa bagian untuk memudahkan Sahabat Fimela untuk mempercepat menyelesaikan membaca Al-Quran sebelum akhir bulan suci.

Merenung dan Memperbaiki Diri

Ini adalah saatnya untuk merefleksikan atau merenungkan diri sebagai pribadi dan untuk mengindentifikasi beberapa hal yang perlu diubah dalam diri kita. Kita semua tentunya membuat kesalahan dan mengembangkan kebiasaan buruk. Apakah dirimu cenderung membicarakan tentang orang lain? Menjadi cepat marah? Dan mungkin sering melewatkan waktu shalat subuh.

Jujurlah dengan diri sendiri dan berusaha untuk melakukan satu perubahan dalam sebulan ini. Berubahlah secara perlahan, karena perubahan secara keseluruhan mungkin akan jauh lebih sulit untuk dipertahankan. Nabi Muhammad menasehati kita bahwa perbaikan kecil, dilakukan secara konsisten, lebih baik daripada upaya besar tetapi tidak berhasil.

Beramal

Beramal tidak harus dengan uang. Mungkin Sahabat Fimela bisa memeriksa lemari pakaian dan menyumbangkan pakaian bekas yang masih bagus dan layak kepada mereka yang membutuhkan. Jika biasanya melakukan pembayaran zakat selama bulan Ramadan, lakukan perhitungan mulai dari sekarang untuk mengetahui berapa yang harus dibayarkan.

Hindari Membuang-buang Waktu

Ada banyak gangguang yang bisa menghabiskan waktu kita selama bulan Ramadan. Kita mungkin bisa melakukan apa pun selain menghabiskan waktu dan uang, untuk menghabiskan hal-hal yang tidak bermanfaat bagi kita. Jika itu masih terjadi, maka sebaiknya hindari. Selama bulan Ramadan, cobalah untuk membatasi jadwal untuk memberikan lebih banyak waktu untuk beribadah seperti membaca Quran dan mempersiapkan hidangan untuk berbuka.

Di bulan suci yang penuh berkah ini hendaknya tetap lakukan kegiatan yang bermanfaat untuk dirimu. Lakukan kebaikan, dan memperbaiki diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *