Tangerang, itkontamatravel.id- Ada baiknya bagi muslim untuk membaca doa minum air zam zam sebelum mengonsumsinya. Sebab keistimewaan air ini sudah dijelaskan dalam salah satu hadits Rasulullah SAW berikut,
Artinya: “Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zam zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit.” (HR Muslim).
Menurut keterangan riwayat lain, Rasulullah SAW sendiri pernah menggunakan air zam zam sebagai penawar penyakit. Hadits ini telah dishahihkan Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shohihah yang berbunyi,
Artinya: “Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah membawa air zam-zam dalam botol atau tempat air. Ada orang yang tertimpa sakit, kemudian beliau menyembuhkan dengan air zam-zam.” (HR Al Baihaqy).
Di samping itu, mengutip dr. Muhammad Saifuddin Hakim dalam Majalah Kesehatan Muslim, khasiat air zam zam disebut oleh Rasulullah SAW menyesuaikan dengan niat peminumnya. Rasulullah SAW bersabda,
Artinya: “Air zam zam sesuai dengan apa yang diniatkan peminumnya,” (HR Ibnu Majah).
Keterangan ini pun melandasi perlu adanya doa minum air zam zam bagi peminumnya. Tabi’in ahli tafsir Mujahid RA pun menyatakan hal serupa bahwa atas izin Allah SWT, kehendak awal dari sang peminum dapat dikabulkan oleh Allah SWT.
Doa Minum Air Zam zamŮŽ
Bacaan latin: Allahumma inni as-aluka i’lman naafi’an, wa rizqan waasi’an, wasyifaa-an min kulli daa-in, wa saqamin birahmatika yaa arhamarraahimiin.
Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas dan kesembuhan dari tiap penyakit dengan rahmatMu. Ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *