Itkontama Travel

Tangerang, itkontamatravel.id – Kurma merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat penting untuk kesehatan kita. Di balik manfaatnya itu, ternyata jenis kurma pun cukup beragam lho, Sahabat. Setiap jenis kurma ini memiliki ciri khas masing-masing yang cukup unik, ada kurma yang teksturnya kering, ada pula yang teksturnya basah. Selain itu, ada juga jenis kurma yang ukurannya besar, tetapi jenis kurma lainnya berukuran kecil. 

Setiap jenis kurma ini memiliki nama yang berbeda, sehingga Sahabat bisa membedakannya dengan lebih mudah. Meskipun kurma memiliki jenis yang beragam, tetapi kandungan nutrisi dan manfaatnya hampir sama. 

Secara umum, buah kurma dipercaya dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengontrol berat badan, membantu mencegah berbagai penyakit, menstabilkan gula darah, mendukung asupan gizi, dan lain sebagainya. Yuk, kita kenali apa saja jenis kurma yang baik bagi kesehatan tubuh. 

Ragam Jenis Kurma yang Bisa Dikonsumsi

Berikut ini beberapa jenis kurma yang perlu Sahabat ketahui, antara lain:

  • Kurma Ajwa

Ajwa merupakan jenis kurma yang paling terkenal dan banyak dicari di Indonesia. Kurma ajwa disebut juga dengan istilah kurma nabi dan berasal dari wilayah Arab Saudi bagian barat. Ciri-ciri kurma ajwa yaitu memiliki warna hitam dengan rasa yang tidak terlalu manis. Tekstur dari kurma ajwa pun cukup lembut ketika digigit. 

  • Kurma Sukari

Selain ajwa, sukari juga termasuk jenis kurma yang cukup populer dan banyak disukai di Indonesia. Kurma sukari bahkan disebut sebagai kurma keluarga kerajaan Arab Saudi sehingga menjadi salah satu jenis kurma kualitas premium yang paling terkenal di Arab Saudi. Sukari atau dalam Bahasa Arab “sukkar” memiliki arti gula. Arti ini mendefinisikan rasa dari kurma sukari, yaitu ekstra manis yang legit, serta tekstur dagingnya lembut. 

  • Kurma Medjool

Berbeda dari jenis kurma lainnya, kurma medjool memiliki ukuran yang lebih besar dan warna lebih gelap. Tahukah Sahabat, dahulu kurma medjool dikenal sebagai makanan para raja karena hanya dapat dikonsumsi oleh kaum bangsawan. Namun, sekarang kurma medjool banyak dibudidayakan di negara-negara beriklim hangat dan didistribusikan ke beberapa negara, termasuk Indonesia. Kurma medjool sejak lama dikenal akan manfaatnya dalam menghilangkan rasa lelah dan lesu lho. Untuk rasanya, kurma medjool memiliki rasa manis seperti karamel dan tekstur kenyal.

  • Kurma Safawi

Kurma safawi merupakan salah satu jenis kurma terbaik, bahkan terbaik setelah kurma ajwa. Kurma jenis ini memiliki rasa manis dengan tekstur yang tebal dan lembap. Untuk warnanya, kurma safawi mirip dengan kurma medjool, yaitu berwarna cokelat gelap hampir hitam. Meskipun jenis kurma ini jarang terdengar di Indonesia, tetapi manfaatnya tak kalah penting lho. Kurma safawi biasa dipilih sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati cacingan. 

  • Kurma Anbara

Kurma yang tak kalah bermanfaat bagi kesehatan adalah kurma jenis anbara. Kurma anbara merupakan jenis kurma yang asli dari Arab Saudi dengan tekstur bagian luar yang kering dan bagian dalam lembut. Sama seperti kurma safawi, anbara termasuk kurma yang jarang ditemukan di Indonesia, jika dibandingkan dengan kurma ajwa, medjool, dan sukari. 

  • Kurma Saghai

Kurma saghai merupakan jenis kurma yang dibudidayakan di Riyadh. Kurma ini memiliki warna cokelat dengan kuning di bagian ujungnya. Meskipun kulit kurma saghai tampak berkerut, tetapi bagian dalamnya cukup lembut dan memiliki rasa manis yang lezat.

  • Kurma Khudri

Khudri merupakan kurma yang memiliki warna cokelat tua dengan tekstur luar yang kering dan dalam lembut. Sama seperti jenis kurma lainnya, kurma khudri memiliki rasa manis yang lezat. Kurma khudri termasuk salah satu kurma yang paling banyak diekspor karena kesegarannya yang bisa bertahan lama. 

  • Kurma Zahidi

Kurma zahidi atau zehidi merupakan jenis kurma dengan tekstur bagian luar yang semi-kering dan memiliki kulit berwarna kuning keemasan. Kurma yang berasal dari Iran ini biasanya memiliki ukuran sedang, berbentuk silinder, dengan daging yang tebal dan rasa manis. 

  • Kurma Kholas

Berbeda dengan jenis kurma sebelumnya, ternyata kurma kholas memiliki ciri khas yang cukup unik lho, Sahabat. Kurma kholas memiliki rasa manis dengan perpaduan rasa yang seperti dipanggang. Tekstur kulitnya pun terbilang cukup tebal jika dibandingkan dengan jenis lain. Untuk warnanya, kurma kholas berwarna cokelat keemasan. 

  • Kurma Deglet Noor

Kurma deglet noor identik dengan teksturnya yang legit dan cukup populer di berbagai wilayah. Kurma jenis ini dibudidayakan di Tunisia dengan warna cokelat yang lebih cerah dari kurma lainnya. Daging buahnya pun agak kering dengan tekstur sedikit renyah. 

Karena teksturnya yang kering, kurma deglet noor memiliki rasa legit dan tidak terlalu manis. Jika bosan dimakan segar, kurma deglet noor juga cocok diolah menjadi campuran pada puding dan kue lho. Saking enaknya, jenis kurma ini pun banyak digemari di Inggris dan Amerika, terutama karena kerenyahannya untuk taburan kue. 

Mungkin di antara Sahabat sudah pernah mencoba satu atau dua jenis kurma yang telah dibutkan di atas. Namun, mungkin juga beberapa jenis lainnya masih sulit dijumpai di Indonesia. Seperti yang Sahabat ketahui, saat kita membahas mengenai kurma, biasanya identik dengan Arab Saudi, terutama Mekkah dan Madinah. Karena beberapa kurma berasal dari kota tersebut, salah satunya yang paling populer adalah kurma ajwa atau kurma Nabi.

Selain kurma ajwa, di Arab Saudi tersedia berbagai macam kurma dengan ciri khasnya masing-masing, bahkan kita juga bisa melihat kurma dari pohonnya secara langsung. Itulah sebabnya, buah manis ini identik dengan Arab Saudi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *